Pj Bupati Aceh Utara Serahkan Kunci Rumah Bantuan Baitul Mal – Islamic Relief


Selasa, 23 Juli 2024 - 18.54 WIB



Lhoksukon - Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, meresmikan selesainya pembangunan rumah untuk warga miskin bantuan dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara bekerja sama dengan Islamic Relief Australia.


Peresmian itu ditandai dengan penyerahan kunci rumah kepada pemiliknya, yakni Khadariah, di Gampong Keutapang Kecamatan Tanah Pasir, serta dilakukan prosesi peusijuek oleh tokoh agama setempat, Senin, 22 Juli 2024.


Pembangunan rumah tersebut telah dimulai sekitar tiga bulan lalu, merupakan rumah layak huni tahan gempa dengan tipe 36, dengan anggaran bersumber dari Islamic Relief Australia dan Baitul Mal Aceh Utara dengan total Rp.82 juta. Selain bantuan rumah, juga dilengkapi dengan perabotan rumah tangga.


Peresmian rumah bantuan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara Rachmat Setiadi, ST, MAP, Camat Tanah Pasir Safri, SE, para pejabat Muspika Tanah Pasir, pejabat dari Islamic Relief Australia, dan tokoh masyarakat Gampong Keutapang.


Rumah layak huni itu dibangun dengan anggaran Rp.82 juta per unit, dengan rincian bantuan dari Baitul Mal sebesar Rp.15 juta dan dari Islamic Relief Rp.67 juta.


Lokasi rumah yang dibangun tersebar di empat kecamatan, dengan jumlah semuanya sebanyak 13 unit rumah. Masing-masing di Kecamatan Tanah Pasir Gampong Keutapang 1 unit, di Gampong Teungoh Reuba Kecamatan Meurah Mulia 1 unit, Gampong Drieng Puntong Kecamatan Meurah Mulia 1 unit.


Selanjutnya di Gampong Matang Raya Timu Kecamatan Baktiya 2 unit, di Gampong Alue Buya Kecamatan Baktiya 1 unit dan di Gampong Alue Bilie Kecamatan Baktiya 1 unit. Berikutnya di Kecamatan Langkahan masing-masing 1 unit di Gampong Geudumbak dan 1 unit di Gampong Pante Gaki Baleie. Sedangkan di Kecamatan Tanah Jambo Aye 1 unit di Gampong Cot Biek dan 1 unit di Gampong Teupin Bayu.


Sementara di Kecamatan Geureudong Pase sebanyak 1 unit di Gampong Darussalam, di Kecamatan Banda Baro 1 unit di Gampong Jamuan. “Jumlahnya ada 13 unit yang sudah selesai dibangun pada tahap ini, dan diserahkan kepada pemiliknya dalam minggu ini,” ungkap Rakhmat Setiadi, Sekretaris Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.


Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Islamic Relief yang telah membantu rumah layak huni untuk masyarakat Aceh Utara. “Bantuan ini sangat kami apresiasi, apalagi yang kita bantu merupakan kebutuhan dasar masyarakat berupa tempat tinggal yang layak. Ini juga sangat membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan ekstrem,” kata Mahyuzar.


Mahyuzar berharap kerjasama antara Baitul Mal dengan Islamic Relief dapat terus berlanjut karena masih sangat banyak masyarakat di Aceh Utara yang membutuhkan rumah layak huni. “Kita terus upayakan membantu masyarakat untuk memiliki rumah layak huni, namun kemapuan daerah sangat terbatas. Maka dengan adanya donasi dari para pihak, seperti hari ini dilakukan oleh Islamic Relief, tentu saja sangat membantu kita semua dalam membantu masyarakat kita,” kata Mahyuzar.(adv) 

Bagikan:
KOMENTAR