Bunda PAUD Aceh Timur Laksanakan Monev MPLS di Sejumlah Sekolah


Jumat, 19 Juli 2024 - 21.05 WIB



Aceh Timur - Bunda PAUaD Kabupaten Aceh Timur, Ny. Hikmatul Amrullah memimpin Monitoring dan Evaluasi (Monev) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di beberapa sekolah di Kecamatan Idi Rayeuk, Jumat (19/7/2024).


Bunda PAUD Kabupaten Aceh Timur Ny. Hikmatul Amrullah didampingi Ketua Pokja Bunda PAUD mengunjungi TK Negeri Pembina dan TK Bungong Jeumpa, SD Negeri 1, 3 dan 4 di Kecamatan Idi Rayeuk.


Dalam Monev MPLS Ny. Hilmatul Amrullah turut didampingi diantaramya, Ketua pokja Bunda PAUD Cut Fachriana Dewi dan pengurus, Kadis Pendidikan dan kebudayaan  Muslim S. Pd, M. Pd, serta Kabid PAUD.


"Sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, mulai 2 (dua) tahun belakangan di galakkan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dimana gerakan ini menghilangan proses 

membaca, menulis dan berhitung (calistung,) tidak hanya pada saat peneriman murid/siswa baru, tetapi juga pada masa-masa pembelajaran di kelas awal," ucap Bunda PAUD Hikmatul Amrullah. 


Kata Hikmatul, ini bukan berarti menghilangkannya sama sekali, tetapi mengganti metode pengajaran Calistung lebih menarik, serta di tuntut kreativitas para guru, mengajarkan Calstung dengan cara yang menyenangkan.


"Namun ini dilakukan dengan cara sambil bermain, diiringi nyanyian dan gerakan-gerakan yang atraktif, sehingga mudah di pahami murid/siswa," sebut Hilmatul.


Lebih lanjut disampaikan bahwa, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) harus di lakukan oleh pihak sekolah bagi anak-anak kelas awal saat prtama msuk sekolah. 


"Agar anak-anak bisa mengenal, Kepala Sekolah, guru, penjaga sekolah, teman-temannya, terus tahu lingkungan sekolah mulai dari, dimana kamar mandi, ruang guru dan ruang kepala sekolah," demikian ucap Hikmatul. 


Bunda PAUD Ny. Hikmatul Amrullah  merupakan kunjungan perdana dan Silaturahmi setelah Bunda PAUD dilantik. (bsi)

Bagikan:
KOMENTAR